F Petunjuk Dasar Cara Mengecat Body Mobil ~ TEKNIK OTOMOTIF

Monday 2 June 2014

Petunjuk Cara Mengecat Body Mobil

Sebagian besar warna cat mobil bukanlah warna dasar, sehingga anda belum tentu mendapatkan warna cat mobil yang sesuai dengan keinginan anda. Untuk itu sebaiknya anda membeli cat pada toko khusus cat duco. Pilih mutu cat duco yang bagus. Harga cat mobil berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribuan.
Ada beberapa jenis cat yang bisa anda pilih yang sesuai dengan jenis kendaraan.Karena setiap jenis kendaraan biasanya menggunakan jenis cat yang berbeda. Cat untuk truk akan berbeda dengan cat untuk angkot dan berbeda pula jenis cat untuk mobil pribadi. Jenis ( bahan ) cat dapat dibedakan, seperti :
1.    Nitro Cellulose : Biasanya digunakan untuk kendaraan niaga dan truk. Keunggulan cat nitro cellulose adalah cepat kering, namun jenis cat mobil ini tidak terlalu kinclong dan cepat pudar.
2.    Poly Urethane : Harga cat ini terbilang mahal, orang awam menyebutnya dengan cat oven. Cat ini setelah diaplikasikan tidak cepat kering, oleh sebab itu pengeringan biasanya dilakukan dengan oven. Kualitas cat Poly Urethane sangat kinclong dan keras, sehingga tahan terhadap goresan.
3.    Lacquer : merupakan salah satu jenis cat yang harganya paling murah. Kelemahan jenis cat ini adalah sangat cepat pudar.
Ketika anda membeli cat duco tidak perlu anda membawa kendaraan yang akan dicat. Anda dapat melepas tutup bahan bakar dan bawa ke toko cat duco untuk mendapatkan warna cat yang persis sama. Belilah cat mobil sesuai kebutuhan saja, karena membeli cat mobil tidak harus 1 kaleng, anda dapat membelinya bahkan hanya 1 kaleng kecil. Jangan lupa sekalian beli tinner yang setara dengan kualitas cat yang anda beli.
Sebelum melakukan pengecatan harap perhatikan bagian yang mau dicat. Pastikan sudah tidak ada lagi goresan atau lobang kecil kecil pada bagian yang mau di cet. Jika belum sempurna sebaiknya lakukan pengamplasan atau pendempulan kembali. Sebaiknya tutup bagian yang tidak dicat dengan kertas koran. Lakukan pengecatan pada tempat yang teduh dan berventilasi sempurna.
Bahan bahan dan peralatan
·         Kompresor
·         Spray gun
·         Dempul yang bagus
·         Amplas kasar dan halus ( pilih yang bahan kertas )
·         Poxy
·         Cat duco ( sesuai warna )
·         Cat akhir ( varnis / clear )
·         scrap atau kapi untuk mengoleskan dempul


2 comments:

  1. mantap gan artikelnya jadi nambah wawasan
    smoga sukses
    http://082312588842.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Sip, thanks infox gan, pokokx mantap dah, moga bermanfaat.

    ReplyDelete