F CARA MUDAH PENYETELEN KATUP MOBIL ~ TEKNIK OTOMOTIF

Wednesday 11 June 2014

PENGERTIAN KLEP / kATUP
     Klep atau dalam bahasa inggrisnya bernama Valve biasa di sebut juga katup berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin motor. Tugas dari klep sendiri sangat berat dan vital, karena apabila ada kebocoran/ganguan sedikit saja pada klep akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi menurun atau istilah kerennya performa mesin ngedrop. Maka dari itu kenali klep atau katup dan kelengkapannya. 
     Menyetel celah katup (valve clearance) merupakan salah satu dari langkah penyetelan awal sebelum menghidupkan mesin. Hal ini dikarenakan celah katup adalah komponen yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja dari mesin 4 tak. Terkait dengan hal tersebut ada beberapa alasan mengapa celah katup perlu untuk disetel.

MENGAPA CELAH KATUP PERLU DISETEL?
Gb. Penyetelan Celah Katup

     Mengacu pada adanya penyebaran panas (pemuaian), maka pada rocker arm dan ujung batang katup harus terdapat celah katup. Kalau celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit, maka akan timbul masalah seperti halnya sebagai berikut: 
a. Jika celah katup terlalu sempit, maka katup akan membuka terlalu awal dan menutup dengan lambat, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya salah pengapian, atau pengapian balik.
b. Jika celahnya terlalu longgar, maka katup akan membuka terlambat dan menutup terlalu cepat, sehingga dapat menimbulkan suara berisik dan getaran.

Tujuan penyetelan katup adalah :
1.) Pertama, untuk menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dengan udara kedalam sylinder untuk dikompresikan untuk pembakaran untuk memperoleh power yang diharapkan dan pengeluaran.
2.) Kedua, untuk menjamin efisiensi pembuangan gas bekas pembakaran untuk keluar dari dalam sylinder ke udara bebas melalui exhaust manifold.
3.) Ketiga, adalah untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap sylinder mendekati sama/sama.

  Karena perannya yang penting, maka dalam menyetel celah katup harus benar, jika tidak maka akan menimbulkan masalah-masalah seperti diatas, dan tentunya umur dari mesin menjadi lebih pendek. Langsung saja kita bahas bagaimana cara menyetel celah katup. Sebelum itu, hendaknya anda menyiapkan peralatan yang akan digunakan:
A. ALAT
1. Tool box (obeng minus/plus, kunci ring)
2. Kunci busi
3. Kunci T 12
4. Feeler gauge
5. Majun
6. Buku manual (jika ada)

B. BAHAN
1. Unit Kendaraan / Engine

Cara Menyetel Celah Katup
Sebelumnya perlu diperhatikan, bahwa tutorial ini dilakukan pada mesin Toyota Kijang 5K dengan mekanisme katup seperti gambar diatas (OHV), dan FO 1-3-4-2. Namun, anda tidak perlu khawatir jika mobil anda berbeda jenis, karena tutorial dibawah ini mengajarkan tentang konsep dasar cara menyetel katup, jadi untuk mesin dan mekanisme katup yang berbeda dapat menyesuaikan.

A. Persiapan
> Siapkan mesin, alat dan bahan yang diperlukan.
> Periksalah oli mesin, air radiator dan bahan bakar.
> Hidupkan mesin untuk pemanasan kurang lebih 5 menit.
> Membuka cover kepala silinder.

B. Cara Menyetel Celah Katup
1. Putar poros engkol hingga tanda pada puli poros engkol tepat dengan angka 0 pada tutup rantai timing.
Gb. Mengetopkan Poros Engkol
2. Menentukan top kompresi silinder 1 atau 4, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

a) Pada saat memutar poros engkol sambil memperhatikan katup masuk silinder mana yang bergerak. Lihatlah katup masuk atau push rod katup masuk pada silinder 1 atau 4 sambil menggerak-gerakkan puli poros engkol.
b) Apabila yang bergerak push rod katup masuk silinder 4 pada saat anda menggerak-gerakkan atau memutar poros engkol, berarti ketika tanda pada puli tepat dengan tanda 0 : yang sedang mengalami top kompresi adalah silinder 1. Begitu juga sebaliknya.
    Nok as pada silinder yang TDC posisi roker arm kondisi bebas/ renggang tidak menekan batang valve. Periksa kerengangan batang valve/conecting rod dengan membuka lubang pemasukan oli di tutup kepala silinder, kemudian memasukan jari tangan untuk memastikan memutarnya batang valve.
>  Melihat arah rotor distributor.
    Untuk Setting timing yang sudah benar bisa juga di lihat dari arah rotor distributor, apabila mengarah ke busi no.2 (saat tutup distributor dilepas) atau kabel busi no.1 (saat tutup distributor dipasang) berarti TOP silinder 1.
3. Menentukan katup-katup yang boleh distel pada saat top kompresi silinder 1 atau 4. Caranya dengan melihat diagram/tabel proses kerja silinder atau bisa juga dengan menggerak-gerakkan puli poros engkol sambil melihat push rod katup yang tidak bergerak. Push rod yang tidak bergerak maka boleh disetel.
NB : Katup Pertama dekat dengan kipas radiator


Gb.Urutan Penyetelan Katup

4. Setel celah katup sesuai spesifikasi. Penyetelan dilakukan dengan cara:

a) Mengendorkan mur 12 menggunakan kunci ring 12.
b) Menempatkan atau memasukkan feeler gauge ke dalam celah antara rocker arm dengan batang katup.
     Stel Klep 1-2-3-5 dengan menggunakan Feeler Gauge ukuran :
- intake                : 0,20 mm
- exhaust             : 0,30 mm
c) Melakukan penyetelan dengan mengubah (mengencangkan/mengendorkan) baut penyetel dengan obeng.
d) Setelah celah katup telah benar/sesuai, kencangkan mur penahan sambil menahan baut penyetel agar tidak bergerak. Lalu cek kembali celah katup dengan merasakan tarikan/gesekan dari feeler gauge. 

    Ulangi cara penyetelan selanjutnya dengan cara mengetopkan poros engkol lagi,

5. Putar poros engkol 1 putaran (360°) sehingga tanda pada puli bertepatan dengan tanda 0 pada tutup rantai timing.
6. Menyetel celah katup untuk katup-katup yang belum disetel sesuai spesifikasi.
    Stel Klep 4 - 6 - 7 - 8 dengan menggunakan Feeler Gauge ukuran :
- intake                : 0,20 mm
- exhaust             : 0,30 mm
7. Menutup kembali kepala silinder, lalu memasang komponen lainnya.
8. Coba hidupkan mesin, apakah sudah halus atau belum???? Jika sudah maka anda berhasil.
9. Bersihkan objek kerja, alat, dan juga tempat kerja.

22 comments:

  1. selamat sing kalo kita mau setel klep 3 slider top nya yg mana ya teros kelep yg harus kita setel klep mana aja ya teros kalo kita mau hilang kan ketebalan asap yg keluar dari kenalpot gimana

    ReplyDelete
  2. FO mesin 3 silinder 1, 2, 3
    Semua valve di setel sesuai urutan.

    Asap warna biru / putih / hitam

    ReplyDelete
  3. FO mesin 3 silinder 1, 2, 3
    Semua valve di setel sesuai urutan.

    Asap warna biru / putih / hitam

    ReplyDelete
  4. Untuk setel klep mesin SOHC yang pakai koin klep/shim, berapa ukuran feeler gauge untuk intake dan exhaust? Mohon petunjuknya..makasih.

    ReplyDelete
  5. kmaren saya udah stel dengan ukuran 0,15 dan 0,25.... tapi mesin og malah brebet

    ReplyDelete
  6. Ini cara stel klep / pasang togel.kok campur aduk gini sih
    Dari otomotif ke mistik
    Gak nyambung bgt

    ReplyDelete
  7. Terimakasih banyak untuk ilmunya. Wass.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih banyak untuk ilmunya. Wass.

    ReplyDelete
  9. Maaf om kmarin sya setel klep mobil kok mlah . Gasnya meraung knpa ya om mohon.bantuanya

    ReplyDelete
  10. Maaf om kmarin sya setel klep mobil kok mlah . Gasnya meraung knpa ya om mohon.bantuanya

    ReplyDelete
  11. Ma'af om mau tanya-tanya nih, saya habis over houle mesin mazda 323 th90, sekarang lagi setel kelep, pas top silinder 1 solinder 4 in terbuka, dan rotor menunjukan busi no 2. pas top silinder 4 silinder 1 posisi terbuka semua...apa saya salah pasang timing beltnya tidak dalam posisi top ya....mohon pencerahanya, thx.

    ReplyDelete
  12. Katup menjadi komponen vital pada mesin, salah penyetelan bisa berpengaruh pada kinerja mesin. Katup sendiri terbagi menjadi beberapa macam, seperti OHV dan OHC. untuk lebih lengkap simak Pengertian dan Cara Kerja Mekanisme Katup

    ReplyDelete
  13. Bagai mencari top pada mesin Toyota 2f hardtop

    ReplyDelete
  14. Bagai mencari top pada mesin Toyota 2f hardtop

    ReplyDelete
  15. kalau dalam kondisi dingin gimana gan ? misal pas overhaul ?

    ReplyDelete
  16. Malam bos klep mana sj yg distel top 1dan top 4 mobil ford laser.makasi

    ReplyDelete
  17. Siang bos..mau sharing aja..ini saya kan abis tun up mesin mobil L300 bensin..komponen udh di pasang semua..klep udah di stel..pas di start mesin g mau hidup..

    ReplyDelete
  18. Saya mau nyetel katub sepeda.gmna carah nya ya? Mohon solusi nya 👂👂

    ReplyDelete
  19. Cara mebyetel kstub becak saya gimana ya

    ReplyDelete
  20. jangan lupa cek juga di https://clubsotomotif.blogspot.com/
    banyak juga tentang Sepeda Motor Kendaraan Ringan dan lainnya

    ReplyDelete